5 Jenis Sepatu Olahraga

7:56 PM
Jenis Sepatu Olahraga
Sepatu olahraga sangat banyak macam dan jenisnya. Berbagai aparel olahraga menyediakan pilihan yang sangat beragam dengan model serta fungsi yang beragam. Penggunaan sepatu olahraga yang tepat dapat menunjang kenyamanan dalam berolahraga, sebaliknya penggunaan sepatu olahraga yang tidak sesuai dengan peruntukannya akan dapat mengakibatkan ketidaknyamanan bahkan sampai cidera fatal.

Untuk itu kali ini akan dibahas 5 jenis sepatu olahraga berikut dengan fungsi, fitur dan karakteristiknya.

1. Sepatu untuk Berjalan

Berjalan merupakan hal yang paling sering dilakukan, namun untuk hal ini yang dimaksud berjalan yaitu olahraga berjalan seperti jalan santai atau pun jalan cepat. Sepatu untuk berjalan ini mempunyai ciri pada bantalan sepatu yang disesuaikan dengan jenis kaki karena biasanya berjalan ini akan dilakukan untuk waktu yang tidak sebentar sehingga bantalan tersebut akan memberi rasa nyaman pada kaki. Sepatu untuk berjalan ini juga biasanya agak kaku pada bagian depannya yang ditujukan agar jari kaki dapat lebih nyaman ketika sedang berjalan.

2. Sepatu Lari

Saat ini sepatu lari pun sudah banyak jenisnya. Baik itu dibedakan dari medan tracknya maupun dari tipe kaki pemakai sendiri. Pada umumnya sepatu lari itu bersifat fleksibel, yaitu dapat melengkung sesuai bentuk kaki pada saat melangkah (berlari). Sepatu lari juga seperti sepatu untuk berjalan yaitu pada bantalan, tetapi sepatu lari lebih ringan dan lebih fleksibel.

3. Sepatu Khusus Olahraga Tertentu

Banyak cabang olahraga juga menjadi faktor perkembangan munculnya sepatu-sepatu dengan jenis yang disesuaikan dengan cabang olahraga tersebut. Seperti sepatu sepak bola yang mempunyai ciri paling menonjol yaitu memiliki pul pada bagian bawah sepatu yan ditujukan agar dapat mencekram medan rumput di lapangan bola. Tentu sepatu ini tidak cocok untuk olahraga lainnya semisal badminton atau tenis atau bahkan basket.

Sepatu badminton memiliki ciri yaitu permukaan bawahnya rata dan untuk berat sepatu termasuk kategori sedang. Untuk tenis, sepatunya menyerupai dengan sepatu badminton namun lebih ringan. Untuk sepatu basket, mempunyai ciri yaitu memiliki bagian sol bawah sepatu yang cukup tebal. Dan masih banyak lagi sepatu khusus untuk olahraga tertentu lainnya.

4. Sepatu Aerobik

Sepatu untuk aerobik itu memiliki fleksibelitas yang bagus dan memiliki berat yang cukup. Ini dikarenakan aeorbik itu sendiri yang gerakannya tidak terlalu ekstrim atau impulsif melainkan hanya gerakan melangkah ke segala sisi.

5. Sepatu Cross Trainers

Sepatu jenis ini merupakan sepatu olahraga yang menggabungkan beberapa fungsi dalam satu sepatu. Sepatu ini biasanya digunakan untuk lebih dari satu aktivitas olahraga. Sepatu cross trainers memiliki fleksibilitas yang cukup pada bagian depan kaki namun juga memiliki kendali yang baik untuk gerakan menyamping.

Itulah 5 jenis sepatu olahraga yang memiliki fungsi serta fitur masing-masing sesuai dengan kegiatan olahraganya. Jadi, jangan sampai salah dalam penggunaan sepatu olahraga karena itu akan berdampak pada kesehatan kaki anda.
Gambar : pixabay.com

PDSTRIAN.com merupakan blog lari Indonesia yang menyediakan berbagai artikel seputar berjalan dan berlari. Kami membahas berbagai hal terkait jadwal lomba, trek berlari atau jalan santai, ulasan sepatu lari, tips dan trik serta hal terkait berjalan dan berlari lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »