5 Trik Pikiran Untuk Menyelesaikan Lomba Lari Marathon

7:49 AM
tips dan trik lomba lari marathon
Kata marathon sudah tidak asing lagi untuk para pecinta lari maupun orang lainnya. Kini banyak acara lari yang mengadakan lomba lari pada kategori ini. Marathon menjadi tantangan bagi para setiap peserta untuk dapat menyelesaikannya di bawah waktu yang ditetapkan atau bahkan untuk bisa menjadi juara. Dengan jarak sekitar 21 – 42 km para peserta di tuntut menjaga stamina dan tenaga untuk dapat menyelesaikan marathon tersebut.

Berbagai cara dapat dilakukan oleh para pelari untuk dapat menyelesaikan marathon tersebut. Baik cara yang sehat maupun cara yang curang seperti penggunaan doping. Berikut ini 5 tips untuk para pelari agar dapat menyelsaikan marathon dengan baik.

1. Sabar
Coba ucapkan dan resapilah kata itu ke dalam diri dan tanamkanlah dalam hati sambil mengulang terus menerus. Kakimu bergerak berdasarkan perintah otak. Jika pikiranmu terganggu oleh banyaknya orang maka kosentrasimu akan berkurang. Marathon bukanlah bagaimana menang pada kilometer pertama tetapi bagaimana bisa mengefesiensikan tenaga agar dapat sampai garis finish.

2. Merasa Senang
Marathon merupakan perlombaan lari dengan jarak yang jauh. Pasti di pertengahan jalan kamu pernah berpikir untuk menyerah karena jaraknya yang begitu jauh. Jangan biarkan pikiranmu berpikir untuk menyerah karena itu akan menyebabkan seluruh tubuhmu juga berpikir lebih baik untuk berhenti dan menyerah. Berpikirlah selalu merasa senang dan yakin pasti dapat menyelesaikan marathon itu. Dengan begitu seluruh tubuhmu akan berkerja secara optimal untuk mencapai garis finish.

3. Fokuslah Pada Yang Baik
Dalam track marathon yang sangat panjang pasti ada beberapa perlari yang merasakan sakit pada bagian tertentu pada tubuhnya yan tentu itu merupakan hal yang dapat menurunkan perform tubuh untuk berlari. Karena itu sudah menjadi hal yang tidak menguntungkan dari segi fisik cobalah kita mengurangi kerugian itu dengan pikiran kita, yaitu berfokus pada bagian tubuh lainnya yang lain yang tidak sakit. Dengan begitu tubuh kita tidak akan merisaukan bagian tubuh yang sakit melainkan mengoptimalkan kinerja dari seluruh tubuh yang dalam kondisi baik.

4. Selalu tersenyum dan ucapkan hal-hal optimis
Kamu tahu marathon ini adalah rute panjang. Maka daripada kamu berkata saya akan menyelesaikannya lebih baik kamu mengatakan saya tahu saya pasti menyelesaikannya kemudian tersenyumlah. Senyuman akan menenangkan dan memberikan energi pada tubuh. Karena pikiran kita tenang maka tubuh pun akan bekerja secara optimal.

5. Berpikirlah pasti ini akan berakhir
Jika kamu pernah mengikuti marathon sebelumnya dan kamu merasakan susah dan lelahnya, jangan biarkan kamu berpikir tentang hal itu dalam waktu lama. Berpikirlah bahwa pada akhirnya marathon ini akan berakhir dan akan menjadi kenangan serta pencapain yang manis.
Jangan remehkan kekuatan pikiran karena sedikit banyak itu akan mempengaruhi kinerja dari tubuhmu secara keseluruhan. Tetap berlatih dan semangat.
Gambar : pixabay.com

PDSTRIAN.com merupakan blog lari Indonesia yang menyediakan berbagai artikel seputar berjalan dan berlari. Kami membahas berbagai hal terkait jadwal lomba, trek berlari atau jalan santai, ulasan sepatu lari, tips dan trik serta hal terkait berjalan dan berlari lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »