Tipe-Tipe Kaki

11:11 AM
Pasti banyak orang yang masih belum tahu bahwa kaki manusia itu terdiri dari beberapa jenis. Keuntungan jika seseorang mengetahui termasuk jenis yang mana kakinya itu adalah mereka akan dengan sangat baik dan sangat tahu sepatu yang seperti apa yang nyaman dan pas untuk digunakan. Pemilihan sepatu yang salah akan berakibat fatal pada kesehatan kaki seseorang.

Pada dasarnya kaki mausia  itu dibedakan menjadi 3 tipe. Penggolongan tpe kaki tersebut dilihat dari kemampuan kaki kita untuk menjejak atau menapak saat berjalan. Jadi dapat dilihat dari lengkungan bagian dalam kaki kita. Ketiga tipe kaki itu adalah kaki rata atau flat foot, kaki normal atau neutral foot, dan kaki lengkung atau high-arched  foot.

Kaki Rata (Flat Foot)
Tipe kaki ini jika menapak atau menjejak akan terlihat jelas seluruh permukaan telapak kakinya. Tipe kaki ini tidak mempunyai lengkukan pada sisi dalam kaki atau dari ibu jari sampai dengan tumit. Pada umumnya orang dengan tipe kaki seperti ini mempunyai kebiasaan overpronator, yaitu melangkahkan kaki ke arah dalam pada saat berjalan atau berlari. Overpronate yang dilakukan dalam waktu yang cukup lama pada kaki rata dapat menyebabkan tekanan berlebih padd pergelangan kaki, lutut, pinggul, dan punggung.

Orang dengan tipe kaki rata ini perlu memakai sepatu lari dengan fitur stabilitas yang tinggi untuk menopang lengkungan kaki yang lemah, biasanya pada website resmi sepatu olahraga ada penulisan fitur ‘stability’ atau ‘motion control’ yang itu pas ditujukan untuk tipe kaki rata. Ada juga tipe kaki rata tetapi tidak parah atau mild. Untuk tipe kaki ini masih dapat memakai sepatu normal.


Tipe Kaki Normal (Neutral/Normal Foot)
Tipe kaki ini merupakan tipe kaki yang banyak dimiliki oleh orang. Lengkungan dari ibu jari sampai tumit terbentuk normal. Tipe kaki normal (neutral) merupakan kaki yang efisien. Ketika berjalan atau berlari benturan tersebar merata ke seluruh permukaan kaki. Pada umunya orang dengan tipe kaki seperti ini tidak mempunyai masalah khusus pada saat berjalan atau berlari. Maka dari itu, orang dengan tipe kaki normal dapat menggunakan semua jenis sepatu keculai sepatu yang ditujukan untuk tipe kaki rata dan tipe kaki lengkung.

Tipe Kaki Lengkung (High Arched Foot)
Tipe kaki ini memiliki lengkungan yang tinggi, lebih tinggi dari tipe kaki normal. Tipe kaki lengkung (high arched foot) merupakan tipe kaki yang kaku dan banyak penyebab dari tipe kaki ini. Karena lengkungan terlalu tinggi, orang dengan tipe kaki ini pada saat berjalan, kaki akan mengarah ke luar atau disebut underpronator atau supination.

Supination yang terjadi dalam waktu lama dapat mengakibatkan hilangnya kemampuan kaki untuk meredam getaran. Orang dengan tipe kaki high arched foot harus memakai sepatu dengan bantalan (cushion) yang besar dan empuk untuk membantu meredam getaran.

PDSTRIAN.com merupakan blog lari Indonesia yang menyediakan berbagai artikel seputar berjalan dan berlari. Kami membahas berbagai hal terkait jadwal lomba, trek berlari atau jalan santai, ulasan sepatu lari, tips dan trik serta hal terkait berjalan dan berlari lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »