Sekilas Tentang Hari Radio Nasional

12:27 PM
hari radio nasional indonesia, rri, prambors fm

Selamat Hari Radio Nasional! Hari ini begitu banyak kalimat itu tertulis di media masa dan media sosial. Ya hari ini adalah Hari Radio Nasional untuk Indonesia. Sebagian sudah ada yang mengetahuinya dan sebagian besar belum tahu mengenani hari nasional ini.

Mengapa tanggal 11 September?

Hari Radio Nasional bertepatan pada tanggal 11 September pada tanggal tersebut pula lah pada tahun 1945 berdiri Radio Republik Indonesia (RRI). Radio yang turut serta berperan dalam merebut kemerdekaan dan memepertahankannya pada masa itu. Tidak dapat dipungkiri pengerak para pejuang saat itu yang paling ampuh dan efektif adalah melalui radio. Radio yang dapat didengar dari segala penjuru menjadi media efektif untuk menebarkan semangat berjuang.


Berbeda dengan dulu dan sekarang, radio kini merupakan sebagai salah satu media masa yang masih banyak penikmatnya. Radio kini sebagai hiburan dan media penyiaran, baik itu sekadar hiburan, berita atau bahkan sebagai gaya hidup. Kini banyak stasiun radio yang mengusung tema anak muda. Dari sebagian besar stasiun radio tersebut RRI tetap pada misinya yaitu untuk mengoptimalkan peran radio sebagai saluran aspirasi rakyat, menjadi media yang menyalurkan aspirasinya secara sehat, santun, dan benar serta menjadi alat kontrol sosial. Itu juga yang menjadi penyebab RRI kurang popupler dibandingkan dengan stasiun radio swasta lainnya.

Tahukah kamu apa sebutan penyiar radio di RRI?

Beberapa stasiun radio memilki sebutannya masing-masing untuk para penyiarnya. Contohnya saja Prambors FM dengan wadyabala sebagai sebutan untuk para penyiarnya. Radio Republik Indonesia juga mempunyai sebutan untuk para penyiarnya. Sebutan itu adalah Angkasawan untuk laki-laki dan Angkasawati untuk perempuan. Loh bukannya itu artian dari astronaut ya? Memang benar angkasawan/angkasawati merupakan terjemahan dari astronaut tetapi kata tersebut juga merupakan terjemahan dari kata announcer atau dalam Indonesia sehari-harinya adalah penyiar. Cukup unik memang. Mungkin ada yang berniat menjadi angkasawan/angkasawati?

Radio Republik Indonesia sedniri kini sudah menapaki usia 70 tahun. Bukan merupakan usia yang muda lagi, sungguh banyak yang telah diberikan dari stasiun radio negeri satu-satunya tersebut. Jadi sekali lagi,

Selamat Hari Radio Nasional! Sekali Di Udara Tetap Di Udara!

 Referensi: rri.co.id; Gambar: pixabay.com

PDSTRIAN.com merupakan blog lari Indonesia yang menyediakan berbagai artikel seputar berjalan dan berlari. Kami membahas berbagai hal terkait jadwal lomba, trek berlari atau jalan santai, ulasan sepatu lari, tips dan trik serta hal terkait berjalan dan berlari lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »