Akibat Sepatu Kesempitan

10:49 PM

Mungkin sebagian besar pelari pernah mengalami dimana sepatu mereka itu tidak sesuai dengan ukurannya atau kesempitan. Pada semua jenis olahraga pasti diperlukan atribut pendukung yang tepat dan pas untuk olahraga tersebut terlebih lagi untuk olahraga berlari.

Dalam berlari hal pertama yang harus sangat diperhatikan adalah kenyamanan kaki karena kita akan berlari dalam waktu yang tidak sebentar. Untuk mengetahui bagaiamana cara agar kaki kita mendapatkan kenyamanan, kita harus tahu jenis kaki kita, panjang dan lebar kaki kita serta jenis sepatu yang cocok untuk kaki kita.


Setiap kita akan memutuskan untuk membeli sepatu lari, pastikan kita sudah mengetahui ukuran serta fitur-fitur yang ada di sepatu tersebut. Dalam menentukan ukuran juga harap dipastikan dengan benar apalagi jika ingin membeli sepatu dengan merek yang berbeda dari sebelumnya. Jangan kira semua ukuran sepatu dari setiap merek itu sama, walaupun kebanyakan memang sama, tapi ada baiknya memastikan lagi ukuran sepatu dari merek tersebut.

Fitur yang ada juga dipastikan apa kaki kita jenis yang datar, normal atau melengkung tinggi. Kamu bisa melihatnya di website resmi aparel sepatu tersebut atau mendatangi toko olahraga dengan pramuniaga yang terlatih.

Yang Terjadi Ketika Ukuran Sepatu Lebih Kecil dari Ukuran Kaki

Panjang sepatu lebih pendek dari kaki
Ketika hal ini terjadi, pada saat memulai berlari sudah sedikit merasakan sempit. Jika kondisi ini yang terjadi maka jari-jari kalian akan tidak bisa lurus atau menapak dengan sempurna. Jari-jari kalian akan sedikit menekuk dan itu tidak berakibat pada sekitar kaki bawah saja. Jari-jari yang tidak menapak dengan sempurna, pada saat berlari dan dengan jarak sedang dan jauh maka akan mengakibatkan otot tulang kering akan menegang. Jika dirasakan seperti itu lebih baik berhenti dan dilanjutkan dengan berjalan agar tidak terjadi keram.

Untuk lari selanjutnya, jika memang hanya sepatu itu yang bisa digunakan untuk berlari, ada baiknya kamu menggunakan kaus kaki yang tipis sehingga dapat memberi ruang sedikit bagi jari untuk menapak dengan sempurna.

Lebar sepatu lebih sempit dari kaki
Jika kondisi ini yang terjadi, si pelari akan merasakan telapak kakinya tidak menapak dengan sempurna. Kaki si pelari akan membentukn cembung ke atas akibat lebar yang tidak sesuai dengan lebar kaki. Ini akan berakibat pada otot telapak dan punggung kaki. Dalam jangka waktu lama otot telapak kaki dan puggung kaki akan menegang dan sangat tidak nyaman.

Lebih baik jika sepatu yang ada seperti ini, gunakanlah untuk jalan santai saja. Sangat tidak direkomendasikan untuk digunakan berlari apalagi dengan jarak yang tidak dekat.

Dengan begitu, sebelum kita memutuskan membeli sepasang sepatu, sangat dianjurkan untuk mencari informasi terkait sepatu tersebut. Lebih baik lagi kamu membelinya di toko fisik karena di sana kamu akan dapat menanyakan selengkap-lengkapnya dan juga dapat mencoba sepatu tersebut. Hal itu tidak bisa dilakukan jika kamu membelinya secara online.

Mungkin ada yang merasakan serupa atau lebih buruk? Sila berbagi.

PDSTRIAN.com merupakan blog lari Indonesia yang menyediakan berbagai artikel seputar berjalan dan berlari. Kami membahas berbagai hal terkait jadwal lomba, trek berlari atau jalan santai, ulasan sepatu lari, tips dan trik serta hal terkait berjalan dan berlari lainnya.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »